Tips Wisata Kuliner Yang Sehat

Kala dimana anda pergi ke suatu kota, pasti anda ingin tahu makanan khas apa yang ada di kota tersebut. Lalu anda meng – explore makanan yang ada di kota tersebut, namun ada beberapa hal yang perlu di ingat sebelum ber – wisata kuliner seperti memperhatikan kesehatan makanan yang akan anda santap. Kesehatan dan higienis dari makanan, menjadi salah satu hal yang sangat penting. Tentu saja anda tidak mau waktu liburan menjadi tidak nyaman akibat makanan yang tidak sehat yang bisa menyebabkan suatu penyakit. Lalu saya akan memberikan beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk wisata kuliner yang sehat dan aman.

1. Mencari Referensi

Mencari referensi yang mengenai tempat kuliner yang sehat di ada di lokasi wisata yang anda kunjungi menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan. Anda bisa menggunakan mesin pencari google, referensi dari iklan televisi lokal yang menayangkan acara program kuliner, atau juga dari koran atau media cetak. Selain itu anda bisa bertanya kepada masyarakat setempat mengenai tempat kuliner atau warung yang sehat dan kebersihannya terjaga.

2. Melihat Suasana Tempat Makan

Salah satu yang bisa anda lakukan adalah melihat suasana tempat makan yang anda kunjungi. Jika tempat makan yang anda kunjungi memiliki suasana yang cukup ramai, biasanya tempat makan yang anda kunjungi itu memiliki rasa makanan yang enak atau memiliki harga yang murah. Dengan banyaknya pengunjung, tentu saja kredibilitas tempat makan yang anda kunjungi cukup terjamin.

3. Memperhatikan Kualitas Kemberihan Warung atau Restoran

Ketika sedang berwisata kuliner, salah satu faktor yang cukup penting adalah kebersihan di sekitar tempat makan yang anda kunjungi. Sebelum anda memasuki tempat makan yang anda kunjungi, perhatikan kebersihan di sekitar area dalam dan luar tempat makan yang anda kunjungi. Pastikan semuanya bersih dan tidak ada lalat atau juga sampah yang berserakan baik dari dalam atau luar. Dan lihat juga penyajian makanan yang di sajikan. Apakah bersih atau layak untuk di makan.

4. Kondisi Perut

Hindari jika tiba di tempat makan yang anda pilih dengan keadaan perut yang kelaparan berat. Kondisi itu bisa membuat anda panik dan tidak bijak  dalam memilih menu makanan. Ingat selain lezat, menu yang menyehatkan dan aman bagi anda – lah yang di cari.

5. Porsi Makanan

Beberapa tempat makan menyajikan makanan dengan porsi yang cukup besar dan bisa di konsumsi oleh dua atau tiga orang atau bahkan lebih dari itu. Maka untuk menghindari perut yang terlalu kenyang, pesanlah porsi yang lebih kecil, berbagi porsi dengan rekan anda, atau bisa mencari tempat makan yang lain dengan menyajikan porsi makanan kecil.

6. Memilih Jenis Minuman Yang Dipesan

Seperti yang kita ketahui, beberapa jenis minuman memiliki kandungan kalori yang lumayan tinggi. Sebagai contoh, minuman yang mengandung soda berukuran besar bisa memiliki tingkat kalori sebesar 300. Sebagai seolusinya, anda bisa memesan atau membeli soda diet, air bening, teh tawar. Selain minuman bersoda, ada lagi minuman yang memiliki kandungan lemak jenuh dan kalori lebih tinggi yaitu minuman yang berjenis shake. Minuman shake ini mengandung lemak jenuh dan kalori sebesar 800.

7. Selalu Menanyakan Soal Harga dan Ke – Halal an Makanan Kepada Pelayan

Tips yang satu ini untuk membuat dompet anda aman sekaligus bisa berhemat. Ketika berlibur ke luar negeri, tentu saja harga makanan berbeda dengan tempat tinggal anda. Tidak ada salahnya untuk menanyakan soal harga makanan kepada pelayan. Hal ini dilakukan untuk menghindari dari harga yang mahal. Untuk meghindari harga yang kemahalan lebih baik bertanya terlebih dahulu. Lalu ada satu hal lagi yang sering dilupakan disaat membeli makanan diluar yaitu menanyakan soal kehalal – an dari makanan tersebut. Dimana hal ini sangat penting karena untuk menghindari dari kandungan makanan yang mengandung bahan yang berbahaya atau mengguakan daging selain daging yang di halal kan.