Tips Bagi Backpackers Berwisata Ke Malang

Sesuai dengan judul yaitu “Tips Bagi Backpackers Berwisata Ke Malang”, saya akan memberikan beberapa tips bagi backpackers yang akan berwisata ke Malang. Siapa yang tidak ingin berlibur ke Malang dengan berbagai jenis destinasi wisata seperti pantai, gunung, wisata edukasi, air terjun, dan masih banyak lagi. Sekilas tentang kota ini, kota ini terbesar ke – 2 di Jawa Timur, lokasinya kurang lebih 90 KM arah selatan kota Surabaya. Malang juga tidak hanya disebut sebagai kota pendidikan namun kota wisata juga. Disebut kota wisata karena jumlah lokasi wisata yang ada di Malang sagat banyak sekali, maka tidak heran disebut kota wisata. Adapun beberapa lokasi wisata yang ada di Malang yang bisa anda kunjungi diataranya adalah :

  • Gunung (Gn. Bromo, Gn. Arjuna, Gn. Semeru, Gn. Welirang, dan beberapa gunung lainnya)
  • Wisata Air (Selecta, Pemandian Wendit, Rafting Kasembon, Waduk Selorejo, Rafting Kaliwatu, dan masih banyak lagi)
  • Air Terjun (Air Terjun Coban Rondo, Air Terjun Rais, Air Terjun Sumber Pitu, dan masih banyak lagi)
  • Pantai (Pantai Kondang Merak, Pantai Batu Bengkung, Pantai Sendang Biru, Pantai Tamban, Pantai Sipelot, dan masih banyak lagi)
  • Edukasi (BNS, Jatim Park Group, Kusuma Agrowisata, Museum Brawijaya, dan masih banyak lagi)

Setelah mengetahui sekilas tentang Malang beserta lokasi wisata yang bisa anda kunjungi, selanjutnya anda perlu mengetahui tips – tips berwisata ke Malang layaknya backpacker agar tidak menguras dompet atau rekening anda. Berikut tips dari saya :

1. Pemilihan Waktu Untuk Berwisata Ke Malang

Seperti yang anda ketahui saat libur panjang telah tiba, biaya akomodasi untuk transportasi, tiket masuk lokasi wisata, penginapan, makan, dan lain – lain akan mengalami lonjakan drastis yang bisa menguras dompet anda. Jadi anda perlu memperhitungkan dua kali untuk berlibur ke Malang saat high season, namun anda berniat melakukan liburan tetapi tetap berhemat maka rencanakanlah saat low season., karena saat low season harga cenderung lebih murah. Disamping berlibur saat high season bisa menguras dompet, wisata ke Malang pada libur panjang bisa menghabiskan waktu yang banyak, mengapa demikian? Karena saat high season banyak orang yang berlibur ke Malang, hal ini bisa membuat kemacetan dan bisa menghabiskan waktu di dalam kemacetan.

2. Modal Transportasi Wisata Malang

Tips wisata ke Malang bagi backpacker supaya tidak menguras kantong yang berikutnya adalah gunakan modal transportasi darat saja. Karena transportasi darat cenderung jauh lebih murah, sebagai contoh Bus dari Jakarta ke Malang sekitar Rp. 200.000,- sampai Rp. 300.000,- dan untuk kereta api sekitar Rp. 115.000,-. Anda juga bisa memesan tiket di website PT. KAI langsung jauh – jauh hari sebelum jadwal pemberakatan agar tidak kehabisan tiket saat anda berencana wisata ke Malang.

3. Penginapan

Walau di Malang terdapat banyak Hotel atau penginapan yang bertebaran di Malang, tapi lebih baik homestay atau kost harian. Karena dengan menggunakan homestay atau kost harian bisa mendapatkan harga jauh lebih murah dari hotel. Yaitu sekitar Rp. 80.000,- hingga Rp. 200.000,- per malam. Meskipun harganya murah, jangan kira anda akan mendapatkan fasilitas yang mengecewakan. Tempat tidur, kamar mandi, makanan, dan kebersihan yang cukup nyaman untuk bersistirahat setelah lelah berjalan – jalan seharian mengelilingi Malang.

4. Tempat Wisata Murah

Seperti yang sedikit dibahas di pembukaan awal tadi, Malang merupakan kota wisata dengan destinasi wisata yang di idamkan bagi para backpacker. Mulai dari wisata air, Gunung, Pantai, Air Terjun, dan lainnya. Untuk memasuki masing – masing wisata tersebut, anda perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk lokasi wisata, harganyapun sebenarnya cukup terjangkau atau bahkan gratis di Malang misalnya alun – alun kota Malang, patung singa depan stasiun Malang, pasar apung di Museum Angkut, atau alun – alun Batu dengan beragam kulinernya. Selain itu masih banyak yang lainnya, berikut beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi jika berencana berwisata ke Malang :

  • Wisata Petik Buah (jeruk, strawberry, apel)
  • Candi (singosari dan jawar)
  • Air Terjun Coban Pelangi
  • Waduk Selorejo

Sekian tadi beberapa tips dari saya, semoga bisa membantu anda jika anda berniat berwisata ke Malang. Dan perlu diingat kalau berwisata ke Malang jangan lupa membawa pakaian hangat, karena Malang adalah sebuah kota yang dikelilingi oleh gunung – gunung, maka tidak mengherankan jika suhu di Malang cukup dingin.