Tempat Wisata Madura Yang Harus Dikunjungi Selain Suramadu

Apa yang ada di pikiran Anda jika mendengar kata Madura? Setiap orang pasti berpikiran berbeda – beda, ada yang membayangkan makanannya yaitu sate madura, soto madura, ada juga yang membayangkan senjata khasnya yaitu celurit, ada juga yang membayangkan kesenian khasnya yaitu karapan sapi.

Pulau Madura sendiri masih masuk dalam provinsi Jawa Timur, dan di Pulau Madura sendiri ada 4 kabupaten yaitu Kabupaten Bangkalan, Sumenep, Pamekasan, Sampang. Meskipun Pulau Madura yang memiliki bentuk seperti sapi ini lebih kecil ketimbang Pulau Bali, ternyata pulau ini menyimpan banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk kita kunjungi.

Pada umumnya orang Madura pada dasarnya adalah orang yang suka merantau karena daerahnya sendiri  yang tidak baik untuk bertani. Orang Madura suka berdagang, terutama kebanyakan besi tua dan barang – barang bekas lainnya. Selain itu ada juga yang banyak bekerja sebagai buruh pabrik, nelayan, dan ada beberapa yang sukses menjadi Tekonokrat, Birokrat, Menteri, atau pangkat tinggi dalam dunia kemiliteran.

Berikut saya akan memberikan Anda wawasan seputar tempat wisata yang ada di Pulau Madura yang bisa Anda kunjungi atau selagi Anda akan berwisata kesana Anda bisa melihat beberapa referensi berikut ini.

1. Jembatan Suramadu

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan jembatan yang satu ini. Ya, jembatan Suramadu yang terkenal kemegahannya dan di nobatkan sebagai jembatan yang terpanjang di Indonesia dengan panjang 5,5 km. Jembatan ini dibangun di atas Selat Madura yang menghubungkan Kota Surabaya atau Pulau Jawa dan Pulau Madura. Pembangunan jembatan ini dengan tujuan agar pembangunan infrastruktur di Pulau Madura tidak ketinggalan.

2. Pantai Slopeng

Ternyata di Madura ada pantainya, salah satu pantai yang terkenal yaitu Pantai Slopeng yang terletak di Kec. Dusuk, atau sekitar 21 km dari pusat kota Sumenep, atau juga sekitar membutuhkan waktu 6 jam dari Jembatan Suramadu.

Pantai yang menawarkan pesona pantai yang indah nan mempesona, hamparan pasir putihnya yang bersih itu menjadi daya tarik para wisatawan pantai ini sendiri. Pantai Slopeng ini tidak kalah menarik dengan pantai – pantai yang ada di Indonesia lainnya, misalnya dari pantai yang ada di Bali. Selain karena kebersihan pasirnya, dan hamparan pasir yang memanjang 6 km dengan volume yang melimpah, tak jarang para pengunjung menyebutnya sebagai gunung pasir.

3. Air Terjun Toroan

Air terjun Toroan merupakan air terjun satu – satunya yang ada di Pulau Madura. air terjun ini memiliki ketinggian 20 meter dan lokasinya sendiri berdampingan dengan sebuah pantai. Hal ini menjadikan air terjun ini berbeda dengan air terjun lainnnya. Selain itu di sekitar air terjun ini masih terjaga kealamiannya, yaitu di mana sekitar lokasi masih belum ada bangunan yang merusak kealamiannya. Hal itu menjadikan jiwa air terjun ini masih tetap hidup.

4. Gili Labak

Gili Labak merupakan sebuah pulau kecil yang tersembunyi yang letaknya di Kab. Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur. Putihnya pasir, birunya air laut, dan desiran ombak yang tenang, disuguhkan kepada pengunjung pulau ini. Belum banyak orang yang mengetahui tentang wisata pulau ini sehingga pulau ini jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Sedikit para wisatawan yang tahu kalau ternyata di Sumenep memiliki pulau yang cantik nan jelita. Dulunya sebelum menyandang nama Gili Labak, pulau ini memiliki nama Pulau Tikus karena pulau ini dulunya sarang tikus. Karena keindahan pulau ini melebihi nama aslinya, akhirnya namanya diganti menjadi Pulau Gili Labak, yang lebih enak disebut dalam dialog bahasa Madura.

5. Bukit Jaddih (Bukit Kapur)

Bukit Jaddih merupakan sebuah tempat bekas tambang kapur yang terletak di Desa Jaddih, Kab. Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Tempat ini dapat mencuri banyak perhatian masyarakat yang haus akan destinasi wisata dalam negeri. Kawasan yang cukup luas ini dihiasi dengan pemandangan yang masih alami karena terdiri atas bukit – bukit yang hijau dan sangat cocok untuk Anda telusuri ke eksotisannya. Terbukti dari banyaknya wisatawan yang berfoto dan di unggah ke sosial media seperti instagram dan facebook, sehingga menjadikan salah satu destinasi wisata yang populer di kalangan anak muda dan Madura.