Tempat Wisata Ada Di Malang Yang Wajib Dikunjungi

Apa yang ada di pikiran anda ketika mendengar nama Malang? Sejuk? Penuh dengan tempat wisata? Itu benar semua. Posisi Malang berada di daerah pegunungan dan di kelilingi oleh gunung – gunung. Sehingga bisa membuat Malang menjadi sebuah destinasi wisata favorit oleh wisatawan, karena udaranya yang relatif sejuk dan lokasi wisatanya banyak sekali. Ikon dari kota malang yang terkenal adalah Apel. Apel buah? Ya, benar sekali. Buah Apel bisa anda temui di Malang, mulai dari pekarangan pribadi milik masyarakat setempat, hingga sampai milik perkebunan dan agrowisata besar. Selain apel, Malang juga dikenal sebagai kota pendidikan, karena banyak sekali sekolah – sekolah yang terkenal hingga di mata internasional.

Lalu, apa lagi yang menarik dari Malang? Agar tak mengenal Malang hanya dari sisi sejuk, apelnya, dan kota pendidikannya, berikut saya telah merangkum tempat – tempat wisata di Malang yang bisa anda kunjungi dan sayang sekali jika anda melewatkannya.

1. Jatim Park 1

Jatim Park 1 ini merupakan tempat wisata di Malang yang menjadi favorit banyak pengunjung lokal atau luar kota. Tempat ini memiliki konsep taman rekreasi dan edukasi, bisa menawarkan anda puluhan atau banyak sekali wahana yang siap mnghibur anda dengan keluarga. Yang menjadi ciri khas dari Jatim Park 1 ini adalah kolam renang dengan latar belakang relief wajah tokoh kerajaan yaitu Ken Arok. Kolam ini bisa untuk orang dewasa atau anak – anak sesuai dengan kedalaman yang telah disesuaikan oleh pihak pengelola. Selain itu, kolam ini juga ada bermacam – macam papan seluncur air.

Selain kolam renang dan permainan air, disini ada juga wahana edukasi seperti Science Stadium dan Indoor yang berisi informasi dan peragaan mulai fisika, biologi, kimia, sampai matematika. Disini juga ada Papua dan East Java Ethnic Galerry, merupakan miniatur rumah adat Jawa Timur dan Papua, Wayang, dan juga banyak kerajinan yang lainnya.

Selain itu disini juga ada wahana permainan. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 2 siang.

2. Jatim Park 2

Jika Jatim Park 1 adal tempat wisata yang menawarkan konsep wisata terpadu untuk rekreasi dan edukasi. Sedangkan Jatim Park 2 memiliki konsep wisata alam. Jatim Park 2 menawarkan dua zona wisata utama yaitu Batu Secret Zoo dan Museum Satwa.

Di Museum Satwa anda bisa menyaksikan binatang – binatang yang berasal dari berbagai benua yang di awetkan dan diletakkan di lokasi yang dibuat semirip mungkin seperti di habitat asalnya.

Setelah melihat binatang – binatang yang di awetkan, lalu anda bisa elihat binatang yang masih hidup di Batu Secret Zoo. Batu Secret Zoo merupakan sebuah kebun binatang yang memiliki konsep modern di Indonesia.

3. Pulau Sempu

Pulau Sempu merupakan sebuah surga dunia yang tersembunyi, terjaga keasliannya, dan masih baru. Untuk menjangkau pulau yang indah ini, anda harus menempuh jarak 75 km dari pusat Kota Malang. Tempat ini merupakan kawasan cagar alam dan konservasi yang dikelola oleh pemerintah Kota Malang. Yang menarik dari pulau ini adalah ada sebuah danau di tengah – tengah pulau yang luasnya 4 hektar.

Disini anda bisa memancing, berenang, atau bermain dengan pasir putihnya. Untuk menjangkau pulau ini memang tidaklah mudah. Anda harus naik perahu motor dari Pantai Sendang Biru. Setelah menaiki perahu motor, anda harus berjalan dengan rute yang panjang dan melewati hutan konservasi. Namun setelah anda lelah berjalan yang panjang, lelah anda akan terbayar oleh pemandangan yang sangat indah dan eksotis.

4. Coban Pelangi

Apakah untuk melihat pelangi harus menunggu selesai turun hujan? Tidak. Coba kunjungi Coban Pelangi yang terletak di Kecamatan Tumpang, atau jaraknya sekitar 132 km dari pusat Kota Malang. Letaknya juga tidak jauh dari pintu masuk menuju Gunung Bromo. Disini anda bisa menikmati pelangi di antara aliran air terjun tersebut atau sekedar duduk – duduk di pendopo yang ada. Air terjun ini berada di ketinggian 1299 mdpl dan masih satu kawasan dengan Gunung Bromo, maka tidak mengherankan jika udaranya sangat dingin dan sejuk sehingga cocok untuk dibuat bersantai – santai.