Kegiatan Yang Mengisi Waktu Luang Selama Liburan

Sudah tidak terasa sekarang sudah di penghujung akhir tahun 2016 saja dan libur panjang pun telah tiba. Bulan Desember akan segera berganti bulan menjadi bulan Januari, dan itu artinya adalah tahun baru segera tiba. Bagi yang masih bersekolah atau kuliah, bulan Desember adalah bulannya untuk ujian akhir semeseter satu atau semester ganjil. Setelah selesai ujian akhir semester, maka tibalah hasil belajar selama ini dalam bentuk raport, yang segera disusul oleh liburan kurang lebih selama 1 hingga 2 minggu.

Bagi sebagian orang pada umumnya ketika saat ditanya soal kegiatan apa saja yang dilakukan selama liburan, pasti banyak yang menjawab seperti ini “mungkin makan, tidur, nonton film di dvd.” Itu yang sering diutarakan oleh orang – orang. Padahal selain makan, tidur, dan nonton film di dvd, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama liburan akhir tahun ini.

Berikut saya akan meberikan beberapa tips buat anda baik yang masih bersekolah ataupun sudah bekerja yang bisa mengisi waktu luang selama liburan.

1. Pulang Kampung atau Mudik

Bagi semua orang baik yang masih bersekolah maupun sudah bekerja, tentu yang namanya liburan adalah hal yang paling dinanti – nanti. Apalagi waktu liburannya lebih dari 1 minggu, tentu akan sangat menyenangkan sekali. Liburan akhir tahun dapat dimanfaatkan dengan pulang kampung dan bertemu  orang tua dan kerabat terdekat untuk melepas rasa rindu. Dan untuk anak kos, ini adalah kesempatan yang baik untuk memperbaiki gizi. Karena yang namanya anak kos biasanya dalam hari – harinya makan mie dan mie terus. Pulang kampung juga dapat mempererat tali silaturahim dan kekeluargaan.

2. Mengunjungi Teman Lama dan Kerabat

Seiring pergantian sekolah atau tempat tinggal, biasanya anda bertemu dengan teman – teman baru dan sedikit melupakan teman lama atau bahkan parahnya terputus komunikasi. Padahal semakin banyak teman maka akan semakin banyak pula kesempatan hidup yang muncul seperti rezeki pekerjaan atau jodoh. Semakin banyak teman baik, maka akan banyak pula peluang yang menolong anda di saat susah. Oleh karena itu, ada baiknya jika anda sewaktu liburan mulai untuk menghubungi teman lama dan sekaligus silaturahim kembali.

3. Menata Ulang Ruangan atau Kamar Tidur

Kamar tidur merupakan tempat yang seharusnya paling nyaman bagi seseorang. Kamar tidak hanya menjadi ruangan yang berfungsi sebagai untuk tidur saja, tapi seringkali untuk tempat untuk belajar, refleksi diri, menyendiri akibat putus dari pacar, atau bahkan untuk hal yang anaeh – aneh. Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa kamr tidur berpengaruh dengan kecedasan anak. Oleh karena itu kondisi dan suasana kamar dibuat senyaman dan sepositif mungkin. Agar menjadi lebih nyaman dan positif, syarat utamanya adalah kamar harus selalu bersih, rapi dan tertata baik. Bagi yang memiliki alergi, segera basmi jamur dan tungau dengan rajin membersihkan kasur dan sudut-sudut kamar serta menjaga kelembapannya. Agar tidak terkena pancaran medan frekuensi elektronik, kurangi barang-barang elektronik di dalam kamar. Dan berilah hiasan dengan barang-barang yang dapat memotivasi hidup dan meningkatkan kepercayaan diri dan bila perlu tata kembali tata letak barang – barang yang ada dikamar anda.

4. Berwisata

Berwisata juga dapat mengisi waktu luang libur anda, baik itu wisata alam atau wisata kuliner. Sebagai contoh anda bisa berwisata alam ke gunung, jika anda ingin melepas rasa penat dengan kesibukan sehari – hari. Lalu ke pantai, jika anda ingin berefleksi dan relaksasi. Dan pergi ke air terjun, untuk anda yang berkeinginan untuk lebih dekat dengan alam. Setelah berwisata alam pasti anda lapar, lalu anda bisa berwisata kuliner.

5. Menyalurkan Hobi

Hobi tidak sebatas nonton tv dan membaca buku saja, tapi banyak sekali yang bisa dilakukan dirumah seperti menulis di halaman blog web, melukis, menggambar, menjahit, menyulam, dan sebagainya. Intinya apa pun yang bisa anda lakukan di rumah dan dapat membuat hati senang. Anda dapat memanfaatkan liburan ini untuk lebih fokus pada hobi anda dan menghasilkan karya yang terbaik. Siapa tahu karya yang anda hasilkan di hari ke depannya dapat menjadi sumber penghasilan.

6. Belajar

Bagi anda yang masih berstatus pelajar, hal ini bisa membuat sedikit muak untuk dilakukan saat liburan. Karena dalam hari – hari sudah dipenuhi dengan kata belajar dan membuat kepala menjadi penat. Namun hal ini bertujuan untuk persiapan materi untuk semester selanjutnya dan menggali informasi. Dengan begitu anda menjadi lebih siap dalam menghadapi semester berikutnya dan nilai menjadi maksimal.